Semakin berkembangnya teknologi dalam dunia industri saat ini menyebabkan instansi dituntut untuk menggunakan teknologi informasi sebagai penunjang utama. Sistem Informasi akuntansi merupakan salah satu bidang TI yang didukung dengan kemampuan dalam bidang akuntansi.
Pengertian SIA itu sendiri adalah Sistem Informasi yang menangani (mengklarifikasi, mengoprasi, dan melaporkan) semua tugas akuntansi.
Aplikasi komputer akutansi :
1. KRISHAND
2. ACCURATED V3 STANDARD
3. K-sistem indonesia
4. SAGE ACCPAC ERP
5. MYOB Accounting
6. Ms. Office Excel
7. DacEassy Accounting (DEA)
8. Payroll
9. Simply Accounting
10. Peachtree
Dari banyaknya aplikasi diatas, MYOB accountong merupakan salah satu software yang umum dan cukup populer digunakan di Indonesia. Saya sendiri pernah menggunakan aplikasi ini menurut saya MYOB sudah sangat bagus tetapi ada kekurangan dan kelebihannya juga
MYOB kepanjangan dari Mine Your Own Bussiness. MYOB adalah sofware Akuntansi yang digunakan untuk mempermudah dalam menyusun atau membuat laporan keuangan yang berasal dari transaksi keuangan yang terjadi disuatu perusahaan. MYOB memiliki banyak versi, setiap versi yang terbaru akan semakin lebih mudah dalam mengoprasikannya.
Macam - macam versi MYOB :
1. MYOB Accounting, 2. MYOB Accounting Plus 3. MYOB Accounting Premiere 4. MYOB Premiere Accounting Enterprise
Menurut macam -macam versi tersebut maka tercipta beberapa yang digunakan perusahaan sekarang ini :
1. MYOB Accounting versi 15.0
2. MYOB Premiere 9.0
3. MYOB Accounting versi 17
4. MYOB Accounting versi 13
5. MYOB Accounting versi 18
Fungsi pada MYOB:
1. Account
Untuk membuat daftar akun dan melakukan jurnal umum
2. Banking
Untuk mencatat perkiraan yang berhubungan dengan transaksi bank, selain membeli dan menjual barang
3. Sales
Untuk mencatat penjualan barang, termasuk penerimaan piutang dan segala yang berhubungan dengan penjualan
4. Time Billing
Untuk mencatat dan mengatur waktu yang di set secara otomatis untuk pembayaran
5. Purchase
Untuk mencatat pembelian barang termaduk membayar hutang dan semua yang berhubunhan dengan pembelian
6. Payroll
Mencatat tentang gaji dan semua yang berhubungan dengan karyawan
7. Inventory
Untuk mencatat persediaan barang dagang
8. Card File
Untuk mencatat dan mengatur data-data pelanggan, pemasok, dan semua yang berhubungan dengan pihak lain
Kelebihan :
1. Pengguna dapat mempergunakan MYOB walaupun pengguna tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali.
2. Pengelolaan informasidengan menggunakan software MYOB cukup dapat diandalkan. Karena cukup lama dikembangkan dan berkesinambungan mengeluarkan perbaikan relase.
3. Dapat digunakan untuk pengelolaan proyek
4. Proses instalasi yang murah
5. Tenaga kerja yang mengetahui MYOB banyak ditemui
6. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan
7. Nilai investasi yang relatif murah
8. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat
Kelemahan :
1. Database MYOB merupakan database yang dikunci
2. MYOB buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan didalamnya. Pembuatan laporan yang prkaitan dengan perpajakan contohnya PPN harus dikelola diluar MYOB
3. Tidak ada module fixed assets
4. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company.
Kesimpulan
Program aplikasi MYOB sudah sangat bagus bisa untuk membuat jurnal umum, jurnal penyesuaian dan semua laporan keuangan. Dan untuk pemula yang tidak bisa menyusun laporan sama sekali bisa menggunakan aplikasi MYOB karena sangat mudah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar